Kamu ingin ambil bagian dalam merancang masa depan Indonesia?

Yuk, sampaikan ide di sini. Boleh ide yang revolusioner atau sederhana.

Ide untuk Indonesia

Beri ide kamu tanpa terkait dengan suatu tema. Kamu bebas berbicara untuk Indonesia yang lebih baik.

Sumbang Ide
86 ide yang masuk

3 topik yang menunggu ide dari kamu!

Kamu bisa mulai merancang Indonesia dengan menyampaikan ide inovatifmu! Ide yang masuk akan dikurasi oleh tim Merancang.id bareng para pakar dan praktisi.

Card image top
Gimana cara agar orang tua terbiasa mengecek kebenaran informasi yang tersebar di aplikasi pesan?

Adanya fitur teruskan pesan, semakin memudahkan penggunanya berbagi informasi dengan cepat. Akibatnya, pesan yang menyesatkan hingga informasi palsu atau hoaks tersebar luas dan bisa menimbulkan perpecahan hingga hilangnya nyawa seseorang. Cepatnya perubahan teknologi dan rendahnya literasi digital, bikin orang tua kesulitan bedain mana informasi benar dan hoaks.

Batas akhir: 4 February 2022
Ide yang masuk 1
Ide yang terpilih 0
Ide yang terbaik 0
Card image top
Gimana caranya biar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia?

Indonesia adalah negara pecinta sepak bola terbesar di dunia. Sayangnya, ini gak berbanding lurus dengan kemajuan industrinya. Perkembangan sepak bola di kalangan anak muda Indonesia masih sporadis. Terus, jenjang akademinya juga belum berkelanjutan sehingga berlatih sepak bola berhenti sebatas hobi aja. 

Batas akhir: 11 December 2021
Ide yang masuk 5
Ide yang terpilih 3
Ide yang terbaik 0
Card image top
Gimana agar makin banyak orang yang divaksinasi COVID19?

Baru 14,35% masyarakat Indonesia yang divaksinasi COVID19 lengkap (dua dosis) per 18 Agustus 2021. Angka ini masih tergolong rendah. Dari 208.265.720 target sasaran vaksinasi nasional, orang yang udah divaksinasi pertama baru 26.73% (55.660.964 jiwa) dan yang udah divaksinasi kedua baru 14,35% (29.877.726 jiwa). Jadi, masih ada 73,27% (152.604.726 jiwa) lagi yang perlu mendapatkan vaksin dosis pertama dan 85.65% (178.387.994 jiwa) yang belum mendapatkan vaksin dosis kedua. Wah, masih banyak, ya? Kira-kira kenapa, ya?

Batas akhir: 30 December 2021
Ide yang masuk 39
Ide yang terpilih 34
Ide yang terbaik 0

Topik yang sudah selesai

Topik sebelumnya yang telah berakhir. Kamu bisa lihat ide-ide menarik yang masuk.

Card image top
Punya ide seru dan kreatif ngajarin toleransi untuk anak-anak?

Pada usia anak dan remaja awal (9-15 tahun), anak mulai belajar untuk memilah mana hal yang baik dan buruk. Ia akan belajar dengan cara menyerap dari lingkungan di sekitarnya: keluarga, sekolah, dan media (TV, internet, dll). Supaya Indonesia bisa lebih damai dan bebas dari hoax, bullying serta konflik SARA, anak-anak perlu belajar sikap toleran dan berpikir kritis sejak dini.

Batas akhir: 4 April 2021
Ide yang masuk 64
Ide yang terpilih 28
Ide yang terbaik 3
Card image top
Gimana caranya agar anak muda bisa jadi pemimpin yang gak korup?

Korupsi menghambat kemajuan Indonesia. Uang rakyat yang dikorupsi ini seharusnya bisa dipakai untuk membangun negara dan mengembangkan manusia Indonesia.

Batas akhir: 3 April 2021
Ide yang masuk 93
Ide yang terpilih 42
Ide yang terbaik 2
Card image top
Bagaimana nih cara agar lebih banyak perempuan Indonesia suka berolahraga?

Gak banyak anak perempuan yang punya cita-cita menjadi atlet. Akibatnya, ketika Olimpiade, SEA Games dan kompetisi bergengsi lainnya, Indonesia tidak selalu mengirimkan atlet perempuan di tiap cabang olahraga dalam jumlah memadai. Hal ini juga berarti peluang Indonesia keluar sebagai juara pun berkurang.

Batas akhir: 4 August 2021
Ide yang masuk 93
Ide yang terpilih 40
Ide yang terbaik 8
Card image top
Gimana agar Indonesia bisa diet plastik?

Pemakaian plastik jadi sumber kerusakan lingkungan. Sayangnya, gak banyak yang sadar kalau plastik bekas pakai ini akan jadi sampah yang sulit terurai. Akibatnya, sampah plastik semakin menumpuk dan mencemari lingkungan.

Batas akhir: 30 November 2021
Ide yang masuk 17
Ide yang terpilih 6
Ide yang terbaik 0
Card image top
Bagaimana menghilangkan sekat-sekat sosial akibat algoritma media?

Pengaruh algoritma media terhadap pembentukan sekat sosial. Bagaimana menghilangkan sekat-sekat sosial akibat algoritma media? Algoritma personalisasi yang diterapkan pada mesin pencarian informasi online dan media sosial menyebabkan seseorang akan mendapatkan informasi yang sama atau sejenis secara terus menerus (misal: Filter Bubble Google).  

Batas akhir: 15 August 2021
Ide yang masuk 14
Ide yang terpilih 10
Ide yang terbaik 1
Card image top
Bagaimana meningkatkan kesetaraan dan memperkuat akses ekonomi rumah tangga dengan kepala keluarga perempuan?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada 2020, terdapat 11,44 juta rumah tangga yang dikepalai oleh perempuan di Indonesia, atau 15,7 persen dari total 72,8 juta rumah tangga di Indonesia. Kepala rumah tangga merujuk pada orang yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anggota rumah tangga sehari-hari.

Batas akhir: 15 August 2021
Ide yang masuk 15
Ide yang terpilih 11
Ide yang terbaik 1
Card image top
Bagaimana agar remaja dapat mengelola kecemasan/rasa stress/depresi?

Isu kesehatan mental pada remaja belakangan ini semakin marak dibicarakan. Akan tetapi sebenarnya, kecemasan telah menjadi permasalahan global bagi remaja dan Gen-Z sejak lama. Menurut survei yang dilakukan oleh Universitas Alberta, USA, 75% Gen-Z di Amerika meninggalkan pekerjaan mereka dengan alasan stress. Sementara, alasan stress dialami hanya oleh 20% rata-rata populasi (remaja dan dewasa). Di Indonesia sendiri, lebih dari 6 juta remaja (9.8%) mengalami kecemasan atau gejala depresi dan hanya sekitar 48% dari keseluruhan remaja tersebut sadar akan pentingnya hal ini.

Batas akhir: 15 August 2021
Ide yang masuk 23
Ide yang terpilih 10
Ide yang terbaik 1
Card image top
Gimana agar pengusaha UMKM muda bisa terbantu dalam pengembangan bisnis?

Supaya Indonesia bisa punya kekuatan ekonomi yang berdaya saing, ternyata dibutuhkan banyak pengusaha muda. Setidaknya perlu 2% dari jumlah penduduk. Saat ini, rata-rata negara-negara yang punya ekosistem wirausaha yang mapan seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan punya pengusaha mencapai 14% dari populasi penduduk mereka. Hingga tahun 2019, Indonesia masih di peringkat 94 dari 137 negara dalam hal wirausaha. Jumlah wirausahawan Indonesia sendiri sekarang masih 3,47%. Angka ini kalah jauh dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura yang mencapai 8,76%! 

Batas akhir: 12 October 2021
Ide yang masuk 2
Ide yang terpilih 2
Ide yang terbaik 0
Card image top
Gimana agar anak usia SMP & SMA bisa menggunakan medsos dengan aman?

Digital Civility Index 2020 menempatkan Indonesia diurutan ke-29 dari 32 negara pada kategori kesopanan dalam bermedia sosial alias terbawah di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hoax, ujaran kebencian, diskriminasi, serta cyberbullying. Bahkan, hampir 50% dari total responden mengaku terlibat bullying, dan 19% lainnya pernah menjadi target bullying.

Batas akhir: 31 October 2021
Ide yang masuk 11
Ide yang terpilih 9
Ide yang terbaik 0
Card image top
Apa dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pengembangan karakter murid serta gimana solusinya?

Pendidikan karakter murid itu penting banget. Tapi sejak penerapan Pembelajaran Jarak Jauh, pendidikan karakter murid jadi terhambat karena sekolah cenderung terfokus pada pembelajaran akademis aja. Akibatnya, muncul fenomena peningkatan kenakalan remaja. 

Batas akhir: 4 October 2021
Ide yang masuk 10
Ide yang terpilih 8
Ide yang terbaik 0
Card image top
Gimana caranya orang dewasa bisa melatih kreatifitas?

Orang dewasa biasanya udah sibuk dengan banyak urusan buat memenuhi tanggung jawabnya di pekerjaan atau sebagai orang tua, pasangan, anak, dst. Karena itulah, orang dewasa jadi tidak meluangkan waktu buat melakukan kegiatan yang bisa melatih kreativitasnya.

Batas akhir: 24 November 2021
Ide yang masuk 2
Ide yang terpilih 1
Ide yang terbaik 0

Gimana ya cara ikutan nyumbangin ide?

Pilih topik yang kamu inginkan

Kamu bisa pilih topik yang paling menarik buatmu.

Sampaikan idemu

Sampaikan idemu dengan menjawab pertanyaan topik yang tersedia melalui tulisan, foto atau video berisi visualisasi idemu.

Tungguin pengumumannya

Nah, nantikan pengumumannya. Kamu bisa cek di website ini atau di emailmu untuk dapat info ide-ide yang terpilih.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Semua pihak boleh ikut berkontribusi dalam bentuk menyampaikan ide dan/atau tulisan yang bisa jadi pemantik dalam merancang Indonesia.


Bisa masukkan idemu di sini.


Kami akan mengkurasi ide yang masuk. Merancang.id menerima beragam topik yang dapat membawa perbaikan buat Indonesia.


Boleh banget, terutama jika kamu bisa menyampaikan penjelasan tambahan yang dapat memperkuat ide tersebut.