
Pengaruh algoritma media terhadap pembentukan sekat sosial. Bagaimana menghilangkan sekat-sekat sosial akibat algoritma media?
Algoritma personalisasi yang diterapkan pada mesin pencarian informasi online dan media sosial menyebabkan seseorang akan mendapatkan informasi yang sama atau sejenis secara terus menerus (misal: Filter Bubble Google).
Dampak dari strategi pemasaran ini dikenal dengan istilah snowball effects. Snowball effects menyebabkan seseorang dapat menjadi sangat percaya kepada sesuatu atau bahkan membenci paham yang lain. Algoritma mengkotak-kotakkan orang dan snowball effects mengkotak-kotakkan masyarakat. Akibatnya kesenjangan pemahaman melebar dan intoleransi meluas.
Selain algoritma yang berakibat terciptanya snowball effect, perkembangan teknologi menyebabkan revolusi ekosistem industri media. Perubahan sistem media berbasis konvensional menjadi digital menjadikan setiap lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan menyebarkan informasi tanpa standar kompetensi yang jelas untuk mengolahnya dengan bijak. Begitu juga dengan para pemangku kebijakan media yang memiliki standar yang berbeda-beda untuk mempublikasikan suatu informasi, berdasarkan perusahaan teknologi itu sendiri, kecondongan politik, dan lainnya. Hal tersebut dapat menjadi salah satu dampak yang memporakporandakan ekosistem media dan memicu intoleransi.
Jadi, bagaimana menghilangkan sekat-sekat sosial akibat algoritma media?
Dalam memikirkan idemu, jangan lupa mempertimbangkan beberapa hal yah:
-
Pastikan ada sisi yang inovatif dari idemu, atau berbeda dari praktek yang sudah ada sekarang;
-
Idemu harus relevan ya dengan permasalahan yang ditanyakan;
- Bayangkan kelompokmu akan menjalankan ide tersebut. Jadi jelaskan aspek-aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan seperti kendala dalam implementasi ide dan potensi scale up salah satunya jumlah penerima manfaatnya.