Apa dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pengembangan karakter murid serta gimana solusinya?

Seluruh pihak wajib bergotong royong untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima materi belajar sekolah meskipun pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh agar karakter peserta didik tetap terjaga dengan baik.

M

Mataharikecil Community

DKI Jakarta

Apa dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pengembangan karakter murid?

Dampak pembelajaran jarak jauh bagi pengembangan karakter peserta didik: 1. Terbatasnya aktivitas fisik dan komunikasi antar sesama peserta didik. 2. Demotivasi belajar dari anak peserta didik & learning loss. 3. Meningkatnya distraksi yang dapat mengganggu proses pembelajaran peserta didik. 4. Ruang untuk melatih karakter peserta didik melalui kebiasaan menjadi terhambat karena kegiatan belajar dilakukan secara jarak jauh. 5. Kurangnya peran orang tua sebagai guru di rumah karena adanya kesibukan lain, sehingga tidak dapat mengontrol perilaku peserta didik. 6. Terhambatnya proses belajar mengajar karena keterbatasan teknologi.

Gimana solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi dampak tersebut?

Berdasarkan hasil diskusi Mataharikecil Summit yang diselenggarakan pada hari Minggu, 26 September 2021 lalu, seluruh pihak wajib bergotong royong untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima materi belajar sekolah meskipun pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh agar karakter peserta didik tetap terjaga dengan baik. 1. Pemerintah harus mampu memberikan kebijakan/program yang sesuai dengan kondisi saat ini, seperti: a. Membuat batasan jam belajar bagi peserta didik yang melakukan pembelajaran jarak jauh. b. Membuat program keteladanan yang dapat ditiru oleh peserta didik. c. Membuat metode pembelajaran baru yang bisa mendukung proses belajar antara anak dengan orang tua tanpa mengurangi kualitas materi pembelajaran. d. Membuat metode pembelajaran dengan tingkat kecepatan yang sesuai dengan beragam karakter anak untuk menjalani proses pembelajaran jarak jauh. e. Membentuk Satgas Anti Kekerasan yang terdiri dari Psikolog, Pendidik, Kuasa Hukum. 2. Komunitas dapat menjadi wadah atau jembatan bagi para peserta didik yang memiliki keterbatasan untuk menempuh pendidikan formal dan menjadi jembatan untuk mengatasi masalah pendidikan melalui kelas atau program-program yang dapat meningkatkan kualitas peserta didik terutama karakter. 3. Orang tua harus mampu memahami kelebihan dan kekurangan anak sehingga dapat menyeimbangkan antara karakter anak dengan cara pembelajaran yang harus diterapkan agar anak mampu menerima informasi materi dengan baik atau sama baiknya seperti ketika anak sekolah secara on-site. 4. Sekolah harus mampu memberikan pemahaman yang lebih baik dan tidak melimpahkan sepenuhnya tugas pengajaran peserta didik kepada orang tua, karena sekolah tetap bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik tersebut (walaupun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh). Sekolah juga harus mampu membuat sistem pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. Diharapkan seluruh pihak dapat bekerja sama untuk mewujudkan solusi-solusi tersebut, agar pendidikan dan karakter peserta didik di Indonesia menjadi lebih baik.

Ide lainnya

Program Swara Peduli Ceria Kelas Akademik adalah kelas yang bertujuan untuk mendukung bidang akademik peserta didik Swara Ceria seperti mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Selain memberikan materi yang substansial, kelas ini juga melatih kemampuan bernalar kritis melalui metode pembawaan yang interaktif seperti “Focus-Group Discussion”. Kelas ini juga memastikan materi yang diperoleh peserta didik dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari melalui metode pengajaran yang berbasis praktik. Kelas Akademik terbagi menjadi dua kelas utama yang dikelompokan berdasarkan tingkat pendidikan anak-anak di sekolah formal. Kelas ini terdiri atas 2 mata pelajaran yaitu: Kelas SAINS dan Kelas Kebangsaan Kelas Non Akademik adalah kelas yang bertujuan untuk mengembangkan akhlak, moral, dan keterampilan-keterampilan yang kami anggap esensial untuk memberdayakan peserta didik yang hidup di lingkup komunitas pemulung Kampung Sumur. Kelas Non Akademik terbagi menjadi dua kelas utama yang dikelompokan berdasarkan tingkat pendidikan anak-anak di sekolah formal, terkecuali Kelas Kewirausahaan yang menggabungkan peserta didik dari setiap tingkat pendidikan. Kelas ini terdiri atas 2 mata pelajaran yaitu: Kewirausahaan dan Interpersonal Skill Podcast Anak Tujuan dari program ini adalah ingin meningkatkan kreativitas dan komunikasi seluruh keluarga Swara serta memperkenalkan kegiatan juga lingkungan sosial yang ada di Swara. demi membuka mata dan pikiran banyak masyarakat akan penting nya kehadiran mereka untuk ikut mensejahterakan hak anak. nantinya kegiatan ini tidak hanya diisi oleh murid melainkan siapapun yang memiliki ide2 untuk membuat video kreatif lainnya.
Card image top
W
Wildan Arafi DKI Jakarta