Apa dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pengembangan karakter murid?
Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perkembangan karakter siswa adalah pengalaman setiap nilai karakter (terutama yang terkandung dalam 18 nilai karakter utama dalam PPK) menjadi tidak menyeluruh dan terbagi-bagi. Hal tersebut terjadi karena minimnya pengajaran mengenai bagaimana siswa dapat menjadi agen yang memiliki kekuatan untuk mengubah kondisi yg ada di sekelilingnya sehingga membuat mereka kesulitan mengetahui bagainana mereka seharusnya berperan secara aktif dan kritis sebagai bagian dari masyarakat. Selain itu, siswa yang tidak tergugah mempelajari substansi pendidikan karakter secara partisipatif juga berdampak negatif pada keberhasilan pendidikan karakter bagi siswa.
Gimana solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi dampak tersebut?
Oleh karena itu, Didik & Ajar Indonesia mengusulkan beberapa solusi terutama kepada pemerintah, yaitu dengan melakukan reformasi kurikulum, mendorong keterlibatan orang tua dalam proses pembentukan karakter anak, menerapkan standarisasi non tunggal, melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, dan memberikan dukungan infrastruktur kepada peserta didik terutama yang membutuhkan. Selain itu, untuk mendukung terselenggaranya pendirikan karakter bagi siswa di masa pandemi ini, Didik & Ajar Indonesia berkomitmen sebagai agen pengkomplementer pendidikan karakter, memaksimalkan aksebilikitas agar informasi DNA dapat diperoleh oleh sebanyak mungkin orang, berpartisipasi secara aktif dan membuka ruang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen DNA dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter, bekerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi nirlaba dalam pendampingan proses belajar siswa, memberikan teladan yang baik bagi seluruh peserta belajar, dan mendukung penguatan pendidikan karakter peserta didik.