Apa akar permasalahan ini? Apa faktor yang menyebabkan pembentukan sekat sosial yang menjadi dampak intoleransi dalam masyarakat?
Di era digital ini, Informasi menjadi hal yang sangat cepat untuk menyebar. Tidak semua masyarakat Indonesia siap untuk menghadapi lonjakan informasi yang dapat diakses dan disebar dengan mudah. Masih terdapat banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan critical thinking rendah. Ditambah dengan algoritma personalisasi internet yang menyebabkan seseorang mendapatkan informasi yang sama berulang kali yang menyebabkan terjebak di dalam 'bubble' mereka sendiri. Hal-hal inilah yang merupakan bagian dari snowball effect. Yang berawal dari rasa keingintahuan, kian membangun menjadi suatu ideologi yang dipercayai, kemudian menciptakan sekat-sekat sosial. Ketika semuanya bertemu di satu tempat, terjadilah perbedaan pendapat dimana tidak ada pihak yang mau mengalah.
Apa yang dapat pemerintah/media/pengguna medsos dan internet lakukan untuk melawan snowball effect dan memecah sekat-sekat ideologi ini? Pendekatan apa yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan mekanismenya secara rinci.
Seluruh pihak memegang peran dalam terbentuknya sekat-sekat ideologi ini. Tetapi, penyelesaian masalah yang paling efektif dan berdampak besar adalah dengan membuka pikiran dan mengubah kebiasaan buruk para pengguna medsos dan internet itu sendiri. Pengguna medsos dan internet memiliki dua posisi, mereka bisa menjadi korban fenomena snowball effect dan bisa juga menjadi penyebab snowball effect itu semakin besar. Jika kita bisa memilah informasi dengan lebih pintar, perbedaan pendapat akan lebih diterima dan dihargai. Oleh karena itu, kami tidak hanya ingin memberikan informasi, tetapi juga ingin memperbaiki cara berpikir orang secara fundamental. Kami menciptakan suatu wadah yang mengumpulkan aspirasi dan terus mendorong masyarakat Indonesia untuk berubah. Sebuah organisasi yang bertujuan untuk meminimalisir sekat-sekat sosial dan intoleransi di internet. Berinteraksi langsung dengan pengguna adalah cara paling rasional untuk menyelesaikan masalah ini. Organisasi ini akan menyebarkan kesadaran kepada masyarakat luas akan fenomena snowball effect, menjelaskan dampaknya, dan membentuk komunitas masyarakat yang peduli tentang hal ini hingga dapat mengedukasi lebih banyak orang. Dalam prosesnya, kami tidak hanya menyuap informasi, namun juga memberi ruang bagi masyarakat untuk berdiskusi secara kritis. Kami menyediakan forum diskusi dari berbagai segi pandang pro dan kontra, mempertanyakan segala ide dengan fakta dan data sampai ke dasarnya, sehingga masyarakat dapat menilai sendiri validitas dari sebuah pemikiran. Target dari solusi ini mencakup seluruh lapisan masyarakat yang menggunakan sosial media, baik dari yang tua hingga yang muda. Agar organisasi kami dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, kami akan menggunakan multiplatform, pendekatan yang beragam dan menyesuaikan dengan segmentasi pasarnya. Kami tidak hanya menggunakan instagram, tiktok, maupun youtube yang mana mayoritas pasarnya adalah millenial, namun juga platform seperti facebook dan whatsapp. Pendekatan kami juga akan dikemas secara menarik sehingga relevan di mata orang-orang dengan berbagai latar belakang dan ideologi. Kriteria sukses kami yaitu ketika organisasi ini telah memiliki reach dan engagement rate yang tinggi, komunitas yang setia, dan jumlah followers yang terus berkembang dan juga ikut menyebarluaskan informasi yang mereka dapatkan dari organisasi ini. Kami harap solusi ini dapat meminimalisir adanya sekat-sekat sosial dan intoleransi di antara pengguna sosial media.